Mengapa Listrik Sering Padam Saat Hujan?

Posted by

Pernah nggak listrik rumah kamu padam saat hujan turun? Mungkin pernah, mungkin juga sering. Dibalik itu semua, tahu nggak kenapa listrik sering padam saat hujan turun? Mungkin itu pertanyaan yang sering kita duga-duga alasannya. Entah ada gangguan, entah PLN takut resiko kena sambar petir, atau apalah. Memang alasan-alasan tersebut masuk akal. Tapi mari kita cari tahu penyebab sebenarnya.

sedia lilin sebelum padam listrik
Sedia Lilin Sebelum Padam Listrik
Seperti yang telah dilansir oleh PLN (Perusahaan Listrik Negera) dalam akun Facebook resmi PLN Yogyakarta, bahwa penyebab terjadinya listrik padam saat hujan adalah sebagai berikut:

1. Padam Secara Otomatis Karena Terjadi Gangguan

Pada kasus ini, padamnya listrik terjadi secara otomatis. Perlu diketahui bahwa sistem kelistrikan telah dilengkapi berbagai jenis peralatan pengaman. Peralatan pengaman tersebut digunakan untuk melindungi berbagai peralatan listrik agar tidak terjadi kerusakan akibat adanya gangguan dari luar sistem.

Baiklah, saya akan menjelaskan sedikit (soalnya saya lulusan listrik, hehe). Gangguan pada sistem kelistrikan umumnya dapat dibagi menjadi 2 macam, gangguan internal (gangguan listrik yang berasal dari dalam sistem itu sendiri dan gangguan eksternal (gangguan listrik yang berasal dari luar / lingkungan). Penyebab gangguan listrik yang berasal dari dalam sistem misalnya:
a. Tegangan dan frekuensi listrik abnormal
b. Pemasangan peralatan listrik yang kurang baik
c. Penuaan peralatan listik karena umur
d. Beban lebih

Sedangkan untuk gangguan yang berasal dari luar sistem (eksternal) disebabkan oleh lingkungan sekitar, misalnya gangguan alam seperti hujan, angin, petir dan banjir. Nah, pada saat terjadi gangguan itulah, terdapat peralatan yang dipasang oleh pihak PLN, yang memproteksi peralatan agar tidak sampai merusak peralatan milik PLN sendiri maupun pelanggannya.

Kita perjelas pembahasannya. Hujan, secara langsung tidak berpengaruh pada listik. Perlu diketahui, bahwa kabel listik 20 kV yang bertebaran disekitar kita adalah kabel aluminium telanjang. So, jadi hati-hati, jangan dekat-dekat apalagi memegangnya. Karena telanjang, jelas mengandung tegangan listrik. Seringkali kabel ini tersentuh oleh pohon atau ranting pohon yang menyebabkan hubung singkat atau short circuit. Saat terjadi short circuit inilah, relay pengaman akan bekerja, dan memerintahkan pengaman untuk membuka sirkuit listrik, jadinya, listik akan padam. Paham nggak?

gangguan listrik akibat pohon
Kabel listrik 20 kV rentan terjadi gangguan akibat bersentuhan dengan pohon
Jadi ndak harus terjadi hujan, saat hari cerah, angin sepoi-sepoi pun, kalau memang ada pohon, ada ranting yang panjang dan mengenai kabel listrik, otomatis akan menimbulkan gangguan. Nah, kondisi ini diperparah saat hujan. Saat hujan, apalagi disertai angin, kondisi akan semakin parah, pohon-pohon akan lebih sering bergoyang-goyang, hehe, dan meningkatkan kemungkinan gangguan. Bagaimana, sudah semakin paham?

Hampir sama dengan hujan dan angin, petir juga dapat menyebabkan gangguan. Yang membedakan adalah, petir dihalau oleh penangkal petir. Seringkali, penangkal petir membuang kelebihan tegangan surja (tegangan lebih petir) ke tanah, jadi tidak menimbulkan gangguan pemadaman. Tapi bila peralatan penangkal petir yang digunakan kekuatannya lebih kecil atau memang kualitasnya sudah buruk, kadang masih dapat merusak proteksi. So, akhirnya padam juga.  Kalau banjir, lihat penjelasan nomor 2, dimatikan oleh petugas PLN.

2. Dimatikan oleh Petugas PLN

Tidak seperti hujan, angin dan petir yang datangnya tiba-tiba dalam beberapa jam. Kalau banjir masih membutuhkan waktu yang cukup lama hingga menggenang. Misalnya terjadi banjir parah dan menenggelamkan beberapa rumah. Maka tidak ada langkah lain untuk menyelamatkan kondisi ini selain mematikan listrik secara sengaja. Coba bayangkan apa yang terjadi saat air banjir mengenai kabel telanjang PLN 20 kV? Woww, yang jelas akan banyak korban berjatuhan.

Berikut rangkuman yang bisa dijadikan jawaban sekaligus rangkuman dari pertanyaan "Mengapa Listrik Sering Paham Saat Hujan?"

Kenapa Listrik Sering Padam Saat Hujan
Penyebab listrik padam saat hujan
Sebagai saran, ada baiknya jika kita selalu jaga-jaga lilin di rumah kita apabila padam listrik terjadi. Sedia payung sebelum hujan, sedia lilin sebelum padam listrik. 

Referensi Jawaban:
[1] PLN Distribusi Jateng & DI Yogyakarta
[2] Gangguan Pada Sistem Tenaga Listrik [at] sistem-tenaga-listrik.blogspot.co.id
[3] Gambar Kabel 20 kV [at] 20kv.wordpress.com/


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:04 AM

3 comments:

  1. sangat bermanfaat!

    kunjungi
    https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama bang Rahmad Azly
      tetap jalin silaturrahmi, salam listrik.. hehe

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete